Selasa, 30 April 2013


Kesalahan - Kesalahan di Media
1. “Rumput gue lebih asik dari tetangga”
Ini adalah tagline iklan suatu merk rokok. Tagline ini bertebaran di layar televisi, di koran, di baliho-baliho pinggir jalan. Sekilas, tagline iklan itu tidak aneh dan kita faham maksudnya. Namun, kalau ditilik dari pemilihan dan penggunaan kata, kita jadi tahu bahwa ‘yang lebih asyik daripada rumput saya adalah tetangga saya, bukan rumput tetangga saya’. Kalau mau lebih akurat, tagline itu harusnya berbunyi ‘Rumput gue lebih asyik daripada rumput tetangga’. ‘Rumput tetangga’ berbeda jauh dari ‘tetangga’. Ketidaktepatan juga mendera kata ‘asik’ yang seharusnya ‘asyik’ dan ‘dari’ yang seharusnya ‘daripada’.
Bunyi tagline pada iklan di atas mungkin disengaja atau mungkin pula hasil dari kecerobohan karena sang copywriter (penulis tagline) kurang memahami ejaan ‘asyik’, makna ‘daripada’ dan kelengkapan frase pembandingnya ‘rumput tetangga’. Silakan bandingkan dengan iklan perbandingan sederhana di bawah ini yang mampu menampilkan tagline perbandingan dengan lebih akurat.

2.Kecerobohan copywriter di negeri ini sepertinya bukan hal aneh. Ma



sih ingat iklan produk telepon seluler Nexian Journey sekitar setahun lalu? Iklan produk telepon seluler ini tampil di koran dan baliho-baliho raksasa di berbagai kota. Silakan amati potongan iklan yang menampilkan aktor Tora Sudiro ini.
Adakah Anda temukan kecerobohan sepele? Ya, benar. Huruf  ’s’ tidak perlu ada pada ‘begins‘. Tagline yang benar untuk iklan ini adalah ‘Let the Journey Begin” karena kata kerja ‘let’ harus diikuti bare infinitive alias infinitive without to alias root word’. 
3. banner iklan Speedy pada halaman Kompasiana beberapa saat yang lalu? Di situ ada kata ‘thank you for your participate’ yang seharusnya ‘thank you for your participation’.

4. iklan layanan masyarakat di Gianyar, Bali ini. Betapa cerobohnya si penulis tagline atas penggunaan ‘hide’ (sembunyikan), yang seharusnya ‘stay away from drugs’


5. Iklan XL



Kesalahan kesalahan pada iklan xl.sebenarnya ini adalah hal yang sepele ” Xensasi”  yang seharusnya “ sensasi”. Ada lagi iklan xl yang lainnya yaitu “ cius miapa?” itu adalah kalimat yang sangat familiar saat ini yang seharusnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar