Selasa, 29 Oktober 2013

JURNAL TEKNOLOGI JARINGAN WIRELESS



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER &TEKNOLOGI INFORMASI



 JURNAL TEKNOLOGI JARINGAN WIRELESS

SISTEM KOMUNIKASI MENGGUNAKAN WIRELESS

Nama Kelompok     :  Dwie Restiani  (12110217)

                               Febri Inayah    (12110681)

                               Siti Soleha       (16110621)

 

Kelas                         :  4KA11

   

Jurusan                       :  Sistem Informasi
 














DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………
Abstrak………………………………………………………………..
Daftar Isi…………………………………………………....…..........
BAB 1. PENDAHULUAN………….………………………………….
             1.1 Latar Belakang …………….....…………………..........
BAB 2. LANDASAN TEORI…………………….………….............
            2.1  Wireless LAN...........................................................
BAB 3.PEMBAHASAN................................................................
             3.1  Mode Jaringan Ad hoc.............................................
             3.2  Media Transmisi Wireless........................................
             3.3.  Komunikasi Data Pada Wireless LA..........................
             3.4  Format Frame........................................................
             3.5  Prosedur Pentransmisian Data..................................
             3.6 Proses Pengiriman dan Penerimaan Data pada NIC..
BAB 4.  PENUTUP
           4.1  Kesimpulan.............................................................
DAFTAR PUSTAKA ................................................................

Hal 
i
ii
iii
1
1
2

2 
3
3
3
4
4
5
 6
 8
 9

ABSTRAKSI

Pemakaian perangkat teknologi berbasis wireless pada saat ini sudah begitu banyak, baik digunakan untuk komunikasi suara maupun data. Karena teknologi wireless memanfaatkan frekwensitinggi untuk menghantarkan sebuah komunikasi, maka kerentanan terhadap keamanan juga lebih tinggi dibanding dengan teknologi komunikasi yang lainnya. Berbagai tindakan pengamanan dapat dilakukan melalui perangkat komunikasi yang digunakan oleh user maupun oleh operator yang memberikan layanan komunikasi. Kelemahan jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan. Secara garis besar, celah pada jaringan wireless terbentang di atas empat layer di mana keempat lapis (layer) tersebut sebenarnya merupakan proses dari terjadinya komunikasi data pada media wireless. Keempat lapis tersebut adalah lapis fisik, lapis jaringan, lapis user, dan lapis aplikasi. Model-model penanganan keamanan yang terjadi pada masing-masing lapis pada teknologi wireless tersebut dapat dilakukan antara lain yaitu dengan cara menyembunyikan SSID, memanfaatkan kunci WEP, WPA-PSK atau WPA2-PSK, implementasi fasilitas MAC filtering, pemasangan infrastruktur captive portal.

Kata kunci : Teknologi , Komunikasi , Jaringan , Wireless


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi telekomunikasi sebagai sarana mempercepat proses penyampaian informasi, maka ilmu pengetahuan dan teknologi diarahkan pada penyampaian informasi yang lebih efisien dan praktis.
Teknologi jaringan dapat digunakan untuk mempermudah dalam hal untuk mendistribusikan data dalam suatu pekerjaan. Jaringan komputer pada umumnya menggunakan kabel sebagai media transmisi, untuk implementasinya tidak terlalu sulit tetapi jika lokasinya susah untuk dijangkau dan hanya bersifat sementara tentu dengan menggunakan kabel sebagai media transmisi tentu hal ini sangatlah tidak efektif. Sebagai alternatif lain kita dapat menggunakan teknologi wireless LAN. Keuntungan penggunaan wireless LAN dibandingkan LAN yang menggunakan kabel, yaitu : mempunyai sifat fleksibilitas yang tinggi dan tanpa membutuhkan perencanaan jaringan terlebih dahulu. Sedangkan kekurangannya adalah mempunyai bandwith yang lebih kecil dibandingkan jaringan kabel dan frekuensi radio yang akan digunakan harus mendapakan ijin dan mengikuti peraturan yang berlaku dalam suatu negara. Selain itu dari segi biaya jauh lebih mahal, tetapi untuk segi perawatan lebih mudah dan murah.
Pada tulisan ini akan dibahas mengenai penggunaan sistem komunikasi data pada wireless LAN. Dari tulisan ini diharapkan dapat mengetahui metode yang dilakukan pada komunikasi data wireless LAN.




BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Wireless LAN
        Jaringan Wireless adalah jaringan yang mengkoneksi dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, cocok untuk berbagai-pakai file, printer, atau akses internet. Teknologi wireless LAN menjadi sangat popular di banyak aplikasi. Setelah evaluasi terhadap teknologi tersebut dilakukan, menjadikan para pengguna merasa puas dan meyakini realibility teknologi ini sudah siap untuk digunakan dalam skala luas dan komplek pada jaringan tanpa kabel.
Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.
Dizaman era globalisasi ini sudah banyak tempat - tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi yang biasa disebut dengan hotspot. Dengan hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet menggunakan titik hotspot terdekat.
Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan, namun sekarang wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point diluar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge wireless LAN didesain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa di optimalkan pada lingkungan yang berbeda. Dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

BAB III
PEMBAHASAN
3.1.      Mode Jaringan Ad hoc.
Mode jaringan ad hoc merupakan mode jaringan yang paling sederhana dalam
wireless LAN. Pada mode jaringan ad hoc terdiri dari dua atau lebih workstation yang
terubung secara langsung dengan workstaion lain. Pada mode ini tidak terjadi koneksi
antara jaringan wireless dan jaringan kabel sehingga tidak memerlukan acces point. Ilustrasi dari mode jaringan ad hoc.
Pada jaringan ad hoc, karena setiap workstation dapat berkomunikasi secara langsung dan terbatas pada jangkauan dari workstation tersebut maka metode yang tepat digunakan untuk jaringan sementara dan tanpa perlu adanya perencanaan terlebih dahulu. Sebagai contoh dalam suatu pertemuan, dimana setiap peserta membawa komputer portable maka untuk memudahkan untuk berkomunikasi antar PC adalah dengan menggunakan jaringan ad hoc.

3.2.      Media Transmisi Wireless
Phsical layer berfungsi untuk membawa aliran raw bit dari satu mesin ke mesin yang lainnya. Bermacam-macam media fisik bisa digunakan untuk keperluan transmisi. Setiap media memiliki karakteristik tertentu, dalam bandwith, delay, biaya dan kemudahan instalasi serta pemeliharaanya. Supaya dapat dioperasika pada spektrum bebas yang dikenal dengan ISM( Industrial, Scientific, and Medical), sistem
radio harus menggunakan teknik modulasi yang dikenal Spread Spektrum(SS).
Pada cara ini sinyal radio didistribusikan pada suatu spektrum dan tidak tetap pada frekuensi tunggal. Sehingga tidak ada pengguna tunggal yang mendominasi suatu band dan semua pengguna tampak sepeti noise.
Keuntungan penggunaan spread spektrum adalah penggunaanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna pada satu band pada tempat dan waktu yang berbeda daripada pengguna yang statis dengan frekuensi yang terpisah. Dibandingkan dengan sistem radio lain, salah satu keunggulannya adalah besar bandwith yang tersedia dan kemampuan untuk digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu band sehingga sistem ini sangat tepat bila digunakan dalam wireless LAN.
Ada beberapa band yang pemakaiannya tidak memerlukan ijin yaitu 902-928 MHz, 2.4-2.5 GHz, 5.7-5.8 GHz. Untuk aplikasi wireless LAN, yang sesuai dengan standar IEEE 802.11 maka digunakan frekuensi 2.4-2.5 GHz, hal ini dikarenakan pada spektrum frekuensi 902-908 MHz digunakan untuk sistem komunikasi selular dan sedikitnya bandwith yang tersedia.

3.3       Komunikasi Data Pada Wireless LAN
Dalam komunikasi wireless LAN data yang dikirimkan menjadi beberapa fragmen, dari fragmen tersebut baru diubah menjadi bentuk frame agar bisa dikirimkan. Data dari pengirim maupun penerima adalah dalam bentuk digital, karena menggunakan media gelombang radio sebagai media untuk pengiriman data maka sinyal digital harus diubah menjadi gelombang radio agar dapat ditransmisikan.

3.4       Format Frame.
Fragmen-fragmen data agar dapat ditransmisikan, maka perlu dibentuk frame agar dapt ditransmisikan. Ada 2 format frame, yaitu format frame MAC dan format physical yang disebut PSDU( Physical Layer Convergence Service Data Unit). Pada MAC header terdiri dari,:
a.  Field frame Control yang berisi informasi tentang frame
b. Field duration /ID berisi tentang waktu yang digunakan oleh frame tersebut
c. Field-field addres berisi tentang informasi darimana data berasal dan kemana
  tujuan data
d. Field sequence control mengandung inforamasi tentang urutan fragmen
e. Field frame body berisi data dari frame tersebut
f. Field FC berguna untuk melakukan pengontrolan kesalahan dari frame tersebut pada transmisi.
Format Frame tersebut akan diubah oleh lapisan phy untuk menjadi frame yang sesuai untuk ditransmisikan. Data dari MAC akan ditambah dengan header dan preamble, format data pada lapisan data disebut PPDU(PLCP Protocol Data Unit).



3.5.      Prosedur Pentransmisian Data
a.         Prosedur Carier Sense
Ketika workstation akan melakukan transmisi, maka yang akan dilakukan untuk pertama kalinya adalah mendeteksi keadaan dari medium. Apakah medium dalam keadaan sibuk atau idle. Parameter yang digunakan adalah interval waktu antara tiap frame yang ditransmisikan, yang disebut dengan IFS(Interframe Space). Ada 4 IFS yang digunakan dalam komunikasi data wireles, yaitu Short IFS (SIFS), PCF IFS(PIFS), DCF IFS(DIFS), Extened IFS
(EIFS).
b.         Prosedur Back Off
Setelah mekanisme carier sense menentukan bahwa media dalam keadaan idle maka workstation akan segera melakukan persaingan dalam pentransmisian. Untuk menentukan workstation mana, yang akan mengirimkan data maka
dilakukan prosedur Back Off. Untuk memulai prosedur Back Off, maka setiap workstation yang akan melalukan pentransmisian data harus menentukan setting waktu dari back off yang menggunakan persamaan di bawah ini:
Waktu back off= random x slot time
Keterangan :
Random merupakan harga dari pseudo random integer yang diambil dari distribusi yang sama pada interval (0,CW), dimana CW(Contention Window) memepunyai batas CWmin = CW CWMax, harga dari CW .
Slot Time : merupakan harga dari slot waktu yang dalam spesifikasi IEEE
802.11b bahwa waktu slot memunyai durasi 20 µdetik . Setelah setting waktu back off dapat ditentukan maka setiap workstation akan mengurangi waktu backoff satu slot sampai dengan adanya workstation lain yang terlebih dahulu mencapai mencapai waktu backoff 0(nol) atauworkstation tersebut yang boleh melakukan transmisi, sedangkan bila worksation yang lain terlebih dahulu mendapatkan counter back off mencapai 0 maka workstation tersebut akan berhenti melakukan pengurangan dan menunda proses back off samapi dengan terdeteksinyawaktu DIFS maupun EIFS yang tidak dapat diikuti oleh frame.

c.         Proses Transmisi Fragmen Data
Setelah work station berhasil melakukan prosedur back off, dan akan melakukan transmisi maka workstation tersebut pertama kali akan mengirimkan sinyal RTS(Request To Send) yang berfungsi untuk meminta ijin pada workstation penerima utnuk bisa melakukan proses pengirimana data. Workstation yang menerima sinyal RTS harus mentransmisikan frame CTS setelah periode SIFS jika NAV pada workstation penerima RTS menunjukan idle. Bila NAV pada penerima tidak menunjukan idle maka worksation penerima tidak perlu merespon drame RTS. Field RA( Receiver Addres) harus mempunyai harga yang sama dengan yang ada pada field TA(Transmitter Addres) di frame RTS. Sedangkan untuk field duration /ID dalam frame CTS juga harus sama dengan durasi frame RTSyang diterima dikurangi dengan perioda SIFS dan waktu yang digunakan untuk mentransmisikan CTS. Setelah melakukan transmisi maka workstaion akan menunggu interval CTS timeout. Setiap frame akan mengandung informasiyang digunakan untuk menentukan durasi dari transmisi berikutnya. Informasi durasi dari frame RTS digunakan untuk memperbaharui NAV(Network Alocation Vector) bahwa
media dalam keadaan sibuk sampai akhirnya ACK 0. Workstation yang dapat melakukan transmisi setelah periode SIFS jika hanya dalam keadaan:
a. Workstation telah menerima sebuah fragmen yang membutuhkan ACK
b. Worksation pengiriim telah menerima sinyal ACK dari fragmenberikutnya
tetapi masih dalam satu MPDU

3.6.      Proses Pengiriman dan Penerimaan Data pada NIC
Pada Network Interface Card (NIC) mempunyai fungsi sebagai interface antara node dalam suatu jaringan LAN. Pada wireless adapter card mempunyai fungsi yang sama seperti ethernet card yang lain, yang berbeda hanya pada media yang digunakan. Media pada wireless card untuk transmisi adalah sinyal RF. Pada wireless adapter card ini berfungsi sebagi transceiver yang terdiri dari smbilan bagian dasar, yaitu :
a. Baseband Prosesor
b. Modulator/ Demulator
c. Up/ Down Convrter
d. Power Amplifier
e. Low Noise Amplifier
f. RF VCO
g. IF VCO
h. Antena
i. Buffer Interface
Selama akan dilakukan transmisi, data yang akan ditransmisikan diletakan pada TXdata line yang kemudian data tersebut diproses dalam baseband prosesor. Data ini akan dimosulasikan dengan salah asatu dari tiga macam modulasi yang dipakai yaitu DBPSK, DQPSK, atau CCK. Data yang telah dimodulasi kemudian akan dilakukan spreading deangan programable PN code, dalam hal ini kemudian akan dibangkitkan dua sinyal I dan Q. Sinyal I dan Q kemudian dikirimkan ke Quad IF modulator diaman pada bagian ini sinyal ini pertama kali akan difilter yang kemudian akan dimodulasikan dengan frekuensi IF (280 MHz). IF osilator akan membangkitkan sinyal dengan fekuensi 560 MHz yang dibagi oleh dua modulatordan demulator seehingga frekuensi IF menjadi 280 MHz. Kemudian kedua sinyal ( I dan Q) digabungkan menjadi satu yang kemudian dikirim ke bagian berikutnya yaitu up/down converter.
Pada bagian up/down converter sinyal akan disisipkan pada RF channel yang telah diatur dengan sythesizer, pada 2.4 GHz band ISM. Pada bagian akhir sinyal akan dikuatkan untuk mendapatkan output sebesar 18 dBm.
Pada bagian penerima, sinyal akan diterima oleh dua anatena internal yang kemudian salah satu antana akan dipilih oleh algoritma antena diversity yang terdapat pada baseband processor dengan cara membandingkan kualitas sinyal yang diterima oleh kedua antena tersebut. Kemudian sinyal akan dikuatkan oleh LNA, dimana sinyal keluarannya akan dikirimkan ke up/down converter. Oleh up/down converter sinyal dirubah dari range frekuensi 2.4 GHZ menjadi frekuensi IF yaitu 280 MHZ.
Modulator dan demulator pada quad IF akan merubah sinyal menjadi baseband dan membaginya menjadi komponen In-phase dan Quadrature(Q) sebelum sinyal tersebut dikirim ke baseband processor. Pada baseband processor pertama kali sinyal akan dispread kemudian sinyal akan didemodulasikan dari bentuk sinyal DBPSK, DQPSK maupun CCk menjadi data.

BAB IV
PENUTUP
4.1.      Kesimpulan
Sistem Komunikasi wireless menggunakan standar IEEE 802.11b. Lapisan yang bertanggung jawab untuk terjadinya komunikasi wireless pada jaringan ad hoc adalah lapisan Mac dan lapisan physical. Wireless bekerja pada frekuensi 2.4 GHz dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Untuk dapat menambah jarak jangkauan, jumlah client dan dapat berkomunikasi dengan client wired maka diperlukan alat tambahan, yaitu
Acces Point. Wireless Lan dapat digunakan untuk kecepatan lebih tinggi, yaitu diatas 11Mbps.



DAFTAR PUSTAKA

1. C.Y.LEE, william, 1995, Mobile Cellular Telecomunication analog and Digital Systems, USA: Mac Graw Hill, Inc.
2. IEEE. 1999, Part 11: Wireless LAN Medium Acces Control (MAC) and Physical Layer (PHY) specifications, http:// www.ieee.com
3. IEEE. 2000, Part 11b: Wireless Lan Medium Acces Conrol (MAC) and Physical layer (PHY) specifications: Higher- Speed Phyical Layer Extension in the 2.4 GhzBand, http:// www.ieee.com
4. Intersil. Mei 1996, a Brief Tutorial on Spread Spectrum and Packet Radio, http:// www.intersil.com
5. Tannebaum. 1997, Jaringan Komputer, edisi Indonesia, Jilid 1, Jilid 2, jakarat: Prehalindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar